BAWASLU TERIMA AUDIENSI FAKULTAS ISIPOL UNIVERITAS KALTARA

Tanjung Selor –Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Kaltara melakukan kunjungan sekaligus audiensi ke kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bulungan dalam rangka meningkatkan kapasitas dan Integritas Mahasiswa melalui mata kuliah Pengantar Ilmu Politik. Senin, (27/12) di Ruang Rapat Kantor Bawaslu Bulungan.

Dalam kunjungan Audiensi Mahasiswa Fisipol Unikaltar disambut baik oleh Anggota Bawaslu Kabupaten Bulungan Syaifudin. Dalam sambutannya, menjelaskan kepada para mahasiswa tugas pokok dan fungsi Bawaslu dalam mengawasi tahapan pemilu.

Syaifudin mengungkapkan bahwa kerja Bawaslu, mulai dari pengawasan, pencegahan, penanganan pelanggaran, hingga penyelesaian sengketa pemilu. Hal ini menurutnya seperti yang tercantum dalam Undang-undangn Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

“Bawaslu bertugas mengawasi pelaksanaan tahapan penyelenggaraan pemilu. Diantaranya, pemutakhiran data pemilih, penetapan peserta pemilu, dan mengawasi netralitas aparatur sipil negara, TNI, dan Polri,” sebutnya saat audiensi berlangsung

Dalam melakukan pengawasan, lanjutnya, Bawaslu memiliki prangkat atau struktur petugas di bawahnya yang melakukan pengawasan yaitu Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Panitia Pengawas Desa/Kelurahan (PKD) dan Panitia Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS).

Dalam kunjungan ini hadir para mahasiswa sebut saja Indra Surya, M. Agus Sarifudin, Rizal Aziz Setiawan, Hana Erlin Angela Hurman, Miana Selong dan Siti annisah didampingi oleh dosen dari Fakultas Isipol Universitas Kaltara yaitu Iskandar, S.Sos.,MA Kunjungan ini diakhiri tanya jawab dan foto bersama.

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *